Alpha Momentum Adakan Konferensi Startup Perdananya Starthub Connect

13 September 2018

Jakarta, 13 September 2018 – Perusahaan modal ventura PT Alpha Momentum Indonesia (AMI) hari ini mangadakan event perdananya Starthub Connect di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang. Starthub Connect akan menjadi konferensi tahunan yang bertujuan mendorong pengembangan ekosistem startup di Indonesia dengan mempertemukan inovator pemula, penggiat startup, pakar teknologi, pemerintah dan calon investor.

 

Event bertemakan “Your StartUp Gateway to be Enterprise Ready" ini memiliki agenda (1) seminar untuk sharing knowledge terkait bisnis dan teknologi pendukung, (2) speed dating antara startup dengan calon investor, dan (3) pameran startup lebih dari 100 booth dari berbagai sektor industri, di antaranya fintech, edukasi, IoT, healthcare, e-commerce, distribution, transportasi. Para startup ini berkesempatan mempresentasikan bisnis mereka di depan calon investor secara one-on-one untuk mendapatkan akses pendanaan yang tepat dan networking dengan pemimpin korporasi (enterprise).

 

“Sebagai perusahaan modal ventura, AMI tidak hanya memberikan funding support, tetapi juga pengalaman dan keahlian melalui mentoring yang sangat dibutuhkan para startup dalam mengembangkan bisnisnya. Untuk itu, event Starthub Connect ini merupakan salah satu strategi kami untuk dapat secara proaktif mengenalkan startup lokal potensial kepada calon investor dan pemimpin korporasi. Melalui pengalaman panjang yang dimiliki core team kami di bidang teknologi dan marketing, kami optimis dapat membantu startup di Indonesia untuk scale up bisnis mereka bahkan menjadi setaraf enterprise,” ujar Rachmat Gunawan, CEO AMI.

 

Starthub Connect dibagi menjadi tiga sesi—main session, track session A dan track session B—yang melibatkan pembicara dari kalangan pemerintah, pakar teknologi, startup serta profesional industri. Adapun sesi utama diisi oleh:

·         Hari Santosa Sungkari, Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), yang menjelaskan mengenai tantangan yang dialami startup dan dukungan pemerintah bagi startup di Indonesia

·         Binay Agarwala, Head of Commercial, Group Digital Prudential, yang memaparkan mengenai strategi digital Prudential dan program partnership dengan startup untuk memperluas pangsa pasar di Indonesia.

·         Gajun Ganendran, Channel Leader of IBM Watson and Cloud Platform for Asia Pacific yang menjelaskan mengenai potensi pemanfaatan teknologi AI untuk produk/solusi startup seperti pada fitur language, speech, vision, data insights dan embodied cognition

·         Pandu Sastrowardoyo, Co-Founder Blockchain Zoo, yang memberikan insight peluang apa saja yang dapat digali menggunakan teknologi blockchain, terutama bagi startup fintech yang ingin menciptakan proses pembayaran yang cepat dan efisien.

 

Pemaparan materi kemudian dilanjutkan dengan diskusi hangat mengenai bagaimana startup dapat membekali diri untuk berkompetisi di level global. Diskusi yang dipimpin oleh Nazier Ariffin, Head of Strategic Investments, Telkomsel ini melibatkan empat orang panelis, yaitu Irving Hutagalung, Audience Evangelism Manager Microsoft Indonesia, Alex Ginting, Chief Product Officer Eureka AI, Andreas Surya, VP Investment Kejora Ventures, dan Ridy Lie, Partner and Head Investment Insignia Ventures.

 

Pasca sesi utama, seminar dibagi menjadi dua track di mana Track A membahas mengenai bagaimana early stage startup dapat survive dan mengatasi tantangan bisnis dari kacamata investor, startup senior, dan lembaga keuangan, sementara Track B lebih fokus kepada pengembangan startup dari sisi teknologi. Track A diisi oleh presentasi dari Indonesia Stock Exchange (IDX), Bekraf, Amazon Web Service (AWS) dan panel diskusi melibatkan Sinar Mas Land, Investree, Emas Digi, Goers dan Daily Social. Sementara Track B diramaikan dengan workshop dari Alibaba Cloud, IBM Watson, dan Blockcahin Zoo.

 

“Kami mendukung penuh event seperti StartHub Connect yang selaras dengan tujuan Berkraf untuk terus berupaya mengoptimalkan potensi semangat kewirausahaan dan startup di Indonesia. Kami berharap StartHub Connect bisa membantu para startup mengatasi salah satu masalah terbesar mereka yakni akses kepada permodalan. Dengan demikian kita bersama bisa memfasilitasi berkembangnya berbagai inovasi yang menghadirkan berbagai solusi bagi banyak persoalan efisiensi dan masalah kehidupan sehari-hari dan bisnis di tanah air yang sedemikian banyak,” kata Hari Santosa Sungkari, Deputi Infrastruktur Bekraf.

 

“Salah satu strategi Prudential Indonesia saat ini adalah transformasi digital dan inovasi, khususnya untuk terus meningkatkan pengalaman nasabah dan memfasilitasi para Tenaga Pemasar dalam meningkatkan jangkauan layanan kepada masyarakat. Kami tengah mengembangkan aplikasi mobile dan mengadaptasi teknologi terkini agar para karyawan dan Tenaga Pemasar dapat melayani nasabah lebih baik lagi. Melalui dukungan terhadap acara StartHub Connect ini, kami berharap dapat terjalin kerjasama dengan komunitas startup untuk bersama-sama menciptakan ekosistem digital di dunia asuransi, kesehatan dan pengelolaan keuangan di Indonesia,” kata Iskak Hendrawan, Chief Technology Officer Prudential Indonesia.


Starthub Connect 2018 didukung oleh PT Computrade Technology International, iCIO Community, Prudential, Badan Ekonomi Kreatif, Sinarmas Land, Amvesindo, Amazon Web Services, Blockchain Zoo, IBM, Alibaba Cloud, IDX Incubator, Purwadhika, Binus University, Atmajaya, Universitas Multimedia Nusantara, Indonesia StartupFounder, Go Work, Rework, Digital Innovation Lounge dan Asosiasi Digital Kreatif Indonesia.

 

contact media

Lucy

+62215258066